Menjadi Apapun yang Anda Inginkan dengan Afirmasi Positif

cara berfikir positifPernah mendengar afirmasi positif? Apabila belum pernah, berarti Anda sangat beruntung karena bertemu dengan tulisan ini. Ning Asmara akan membocorkan rahasia kepada Anda mengenai salah satu metode yang biasa digunakan Tim ISA untuk membantu menyelesaikan masalah kliennya. Iya, salah satu metode menyelesaikan masalah yang kami gunakan adalah berupa afirmasi positif atau penanaman ide positif dalam diri sebagai bagian dari cara berfikir positif.

Sebagian besar pembaca setia SolusiParanormal.Com mungkin belum mengenal dengan baik apa itu afirmasi positif. Oleh karena itu, Ning Asmara berinisiatif untuk mengenalkannya kepada masyarakat luas. Karena memang berdampak dahsyat untuk kemajuan diri apabila diterapkan dengan benar. Metode ini tidak membutuhkan benda-benda berbau klenik, tidak membutuhkan hari khusus untuk mempraktekkannya dan tidak perlu tirakat puasa atau semedi.

Secara umum, terdapat 4 tahapan dalam berfikir positif. Yakni, afirmasi positif, melakukan penerimaan diri atau bersyukur, melakukan visualisasi dan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Untuk memahami keempat tahapan secara lebih lengkap, silahkan baca penjelasan detilnya.

1. Penerimaan Diri atau Bersyukur

“Saya akan bahagia kalau bisa memiliki mobil besar itu”, “Saya akan bahagia kalau bisa menempati rumah mewah itu”, “Saya akan bahagia kalau bisa sekaya direktur perusahaan”. Apakah kalimat semacam itu yang selalu Anda pikirkan? Banyak orang menganggap bahwa bahagia bisa didapatkan apabila mereka bisa memiliki apa yang tidak dimilikinya saat ini. Hal tersebut tentu saja terbalik. Yang benar adalah menerima diri atas apa yang Anda miliki saat ini adalah buah dari rasa bahagia. Tulis, bayangkan dan pikirkan apa yang telah Tuhan berikan kepada Anda.

2. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Setiap hari sebagian besar dari pembaca setia KonsultasiParanormal.Com pasti sudah sibuk dengan tugas dari tempat kerja, pekerjaan rumah atau kegiatan lain. Apakah Anda pernah dengan sengaja menyisihkan waktu untuk diri sendiri? Ning Asmara sendiri setiap hari selalu menyisihkan waktu untuk diri sendiri, seperti membaca, meditasi dan melakukan evaluasi diri harian. Lakukanlah sesuatu yang menyenangkan dan menenangkan hati Anda setiap hari minimal 30 menit sebelum tidur.

3. Afirmasi Positif

Afirmasi positif adalah serangkaian kata positif diucapkan ke diri sendiri untuk membentuk atau membangun citra diri menjadi lebih baik. Teknik yang digunakan sangat mudah, seperti mengucapkan sebuah ungkapan positif sesering mungkin dan meyakininya sebagai bagian dari diri kita. Meskipun ini mudah untuk dilakukan, tapi pada kenyataannya tidak banyak orang yang berhasil atau malas dalam mempraktekkannya. Karena keprihatinan Ning Asmara terhadap kondisi masyarakat yang mudah galau dan larut dalam masalah, Ning Asmara akan membahas afirmasi positif ini lebih dalam sehingga Anda mampu menangani masalah hidup secara mandiri.

4. Melakukan Visualisasi

Setelah Anda melakukan afirmasi positif, langkah selanjutnya adalah memvisualisasikan atau membayangkannya. Tentu saja tidak sekedar membayangkan melainkan membayangkan dengan penuh emosi bahwa dalam bayangan tersebut, Anda benar-benar mampu melakukannya. Misalnya, Anda mengucapkan sebuah afirmasi positif berikut, “Setiap hari, kepercaayaan diri saya semakin bertambah sehingga saya berani tampil di depan umum”. Sambil mengucapkan afirmasi positif ini, akan lebih baik apabila dibarengi dengan visualisasi.

Bukankah empat tahapan sebagai cara berfikir positif tersebut mudah untuk dilakukan? Meskipun begitu, kenapa masih banyak orang yang tidak berhasil dalam mempraktekkanya? Inilah yang akan dibahas lebih lanjut mengenai faktor keberhasilan dalam menerapkan berpikir positif, yakni memulainya dengan menata pola pikir. Menata pola pikir hanya bisa dilakukan oleh Anda sendiri melalui afirmasi positif.

Manfaat Afirmasi untuk Kehidupan Lebih Baik

Semua program positif akan berdampak positif bagi hidup Anda. Begitu pula dengan afirmasi positif yang Anda berikan kepada diri sendiri. Sebelum membahas lebih jauh mengenai afirmasi positif, Ning Asmara akan menjabarkan manfaat yang bisa Anda manfaatkan apabila menerapkannya secara benar dalam hidup Anda.

1. Menambah Rasa Percaya Diri

cara-berfikir-positifDengan mengucapkan berbagai ungkapan positif untuk diri sendiri, hal itu sama dengan membangun kepercayaan diri secara otomatis dan tanpa Anda sadari. Misalnya, Anda mengucapkan afirmasi positif “Saya memiliki potensi untuk menyelesaikan masalah hidup dengan baik”. Dengan menanamkan ide positif semacam ini, Anda akan semakin mantap dan yakin dengan kemampuan diri sendiri.

2. Meningkatkan Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Afirmasi sebagai bagian dari cara berfikir positif akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Karena nilai-nilai positif yang memenuhi kepala Anda, rasa bahagia dan rasa syukur menjadi lebih mudah untuk ditanamkan. Hasilnya akan berpengaruh dengan kesehatan dan daya tahan tubuh akan meningkat. Orang-orang yang berpikir negatif lebih mudah terkena depresi. Sedangkan, Anda tidak akan mengalami gangguan saat tidur, tidak merasakan ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan.

3. Menghilangkan Stres

Istilah lain dari afirmasi positif adalah menyemangati dan mendukung diri sendiri. Dengan menyadari bahwa Anda memiliki potensi dan kemampuan untuk bangkit dari masalah yang sedang Anda hadapi, maka keyakinan tersebut akan mereduksi stres atau tingkat kecemasan yang muncul akibat masalah tersebut.

4. Merasakan Ketenangan dalam Diri

Tahapan afirmasi positif adalah dengan melakukan visualisasi. Nah, dalam membayangkan inilah Anda akan merasakan kenyamanan dan ketenangan dalam diri. Karena keyakinan bahwa Anda mampu menyelesaikan masalah apapun yang menghadang.

5. Menjadi Lebih Bahagia dan Bijaksana

Afirmasi positif yang menyatakan bahwa diri Anda berhak mendapatkan kemakmuran dan kesejahteraan akan mendorong rasa bahagia. Apabila saat ini Anda sedang mengalami sebuah masalah, afirmasi akan membantu menciptakan keyakinan bahwa kebahagiaan akan datang dalam waktu dekat. Begitu pula dengan kebijaksanaan dalam diri.

6. Menumbuhkan Sikap Positif

Tidak ada dampak negatif dari afirmasi yang Anda lakukan. Semua program positif akan berdampak positif bagi kehidupan.

7. Menarik Kekayaan dan Kesuksesan

“setiap hari, hidup Saya menjadi lebih sejahtera di segala bidang”, “Saya mampu meraih keberlimpahan dalam hidup”. Afirmasi bisa Anda manfaatkan untuk menarik kekayaan dan kesukesan yang Anda inginkan.

8. Meningkatkan Kecerdasan dan Kemampuan Otak

Tidak ada batasan usia dalam memanfaatkan afirmasi. Anda bisa mengajari anak-anak atau orang tua Anda dalam membuat afirmasi. Bahkan, Anda bisa melakukan afirmasi untuk orang lain. Teknik khusus melakukan afirmasi untuk orang lain bisa Anda dapatkan dengan menghubungi Ning Asmara secara langsung melalui SMS/WhtasApp ataupun email.

9. Membangun Kewibawaan Diri

“Aura saya memancarkan kehangatan dan keakraban”, “Senyuman saya mampu menarik orang lain dengan mudah”, “Saya pribadi cerdas dan berwawasan luas”. Anda juga bisa memanfaatkan afirmasi untuk meningkatkan kewibawaan dan kharisma diri.

10. Menarik Jodoh yang Anda Inginkan

Bahkan untuk masalah asmara pun Anda bisa mengandalkan afirmasi. Anda mampu mendapatkan pasangan sesuai dengan kriteria Anda selama ini.

Afirmasi tidak hanya terbatas pada kepercayaan diri, rasa bahagia atau merasakan ketenangan. Tentu saja hal ini akan berhasil apabila Anda meyakini dan konsisten terhadapnya. Dalam mempraktekkan afirmasi ini, Anda harus menerapkan prinsip No pain, No gain. Apabila ingin mendapatkan sesuatu yang memberikan kenyamanan, maka tidak ada cara yang cepat. Anda harus ikhlas dan menikmati prosesnya. Afirmasi ini tergolong mudah, praktis dan berdampak permanen, hanya saja waktu yang Anda butuhkan memang tidak sebentar.

Terdapat banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan dengan afirmasi. Initinya sama dengan judul yang Ning Asmara buat untuk tulisan ini bahwa Anda mampu menjadi apapun yang Anda inginkan dengan memanfaatkan afirmasi sebagai bagian dari cara berfikir positif.

Cara Berfikir Positif Melalui Afirmasi

Tahap selanjutnya setelah mengetahui pengertian dan manfaat dahsyat sebuah afirmasi, Anda akan Ning Asmara bantu untuk mengenal tahapan afirmasi yang tepat guna meningkatkan kualitas hidup sehingga masalah apapun yang Anda hadapi mampu diselesaikan dengan baik serta Anda mampu menjadi apapun yang Anda inginkan.

Membuat Afirmasi untuk Membentuk Citra Diri Positif

Semua orang mampu membuat afirmasi untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Tidak ada rumus khusus yang mengharuskan Anda untuk mematuhi aturan tersebut. Namun, berdasarkan pengalaman Ning Asmara dalam menangani berbagai kasus klien, sebaiknya Anda mengikuti persyaratan berikut ini.

1. Tentukan Tujuan

Apabila ini merupakan kali pertama Anda memanfaatkan afirmasi, sebaiknya Anda membuat satu tujuan global untuk membangun citra diri terlebih dahulu. Misalnya, “Saya selalu sehat dan kuat”, “Saya memiliki potensi untuk membuat hari ini luar biasa”, “Saya selalu memiliki cara untuk menyelesaikan segala masalah hidup”, “Saya memiliki pengetahuan untuk membuat keputusan tepat hari ini”, “Saya bahagia dan puas dengan hidup saya”, “Saya sabar, tenang dan menyapa setiap hari dengan santai”, “Saya selalu kuat dan sehat dalam menjalani hari”.

Membangun citra diri yang bersifat secara global ini sebaiknya dilakukan selama 5 hingga 6 minggu. Setelah berhasil membentuk citra diri positif, selanjutnya Anda bisa menggunakan berbagai macam bentuk afirmasi sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai dan lebih spesifik tentunya. Misalnya, ketika penjualan dalam bisnis Anda sedang menurun, maka Anda bisa memanfaatkan afirmasi seperti, “Omzet perusahaan saya naik 100% bulan ini”.

2. Ringkas, Jelas dan Spesifik

Ungkapan yang Anda buat haruslah ringkas dan jelas dimana Anda bisa menghafalnya dengan baik. Seperti contoh yang Ning Asmara buat dimana ia hanya terdiri atas beberapa kata sederhana yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tidak hanya pemilihan kata yang tepat, melainkan Anda pun harus memahami maknanya dengan baik.

Hindari memanfaatkan afirmasi dengan pilihan kata yang tidak akan ketahui artinya. Karena sekalipun itu terlihat indah dan puitis, tetapi apabila Anda tidak mengetahui maknanya, maka akan sia-sia saja. Yang tidak kalah penting adalah spesifik yang berarti sesuai dengan tujuan dari apa yang Anda inginkan. Apabila Anda ingin menjadi pribadi yang selalu kreatif dalam mengerjakan tugas, maka buatlah afirmasi yang langsung merujuk pada tujuan tersebut, “Saya pribadi yang penuh dengan kreativitas penuh”.

3. Gunakan Kosa Kata Positif

Proses afirmasi adalah mengucapkan kalimat positif untuk diresapi sehingga pikiran bawah sadar akan menganggapnya sebagai kenyataan. Jadi, apabila Anda membuat afirmasi gunakanlah hanya kata-kata yang bermakna positif. Alih-alih menggunakan afirmasi ini, “Saya tidak akan menderita sakit flu meskipun cuaca dingin”, sebaiknya Anda memanfaatkan afirmasi, “Saya tetap sehat dan kuat selama musim dingin ini”.

Afirmasi bersifat global untuk membentuk citra diri ini hampir selalu berhasil karena prosesnya adalah kita membangun pembenaran sebelum keberhasilan yang sesungguhnya itu datang kepada kita. Layaknya batu keras yang ditetesi air setiap hari, maka lama-kelamaan ia akan berlubang. Begitu pula dengan afirmasi yang Anda lakukan.

Tahapan Melakukan Afirmasi yang Tepat

Setalah menentukan afirmasi apa yang ingin Anda manfaatkan, selanjutnya Anda bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan Anda. Tekniknya sangat sederhana, justru karena kesederhanaannya itulah yang kemudian membuat orang-orang merasa ragu dengan efeknya. Namun, apabila Anda yakin dan konsisten, afirmasi positif akan menembus pikiran bawah sadar dan secara sadar Anda meyakininya sebagai kebenaran. Berikut ini adalah tahap melakukan afirmasi agar berdampak dahsyat bagi kehidupan Anda.

1. Waktu Subuh dan Sebelum Tidur

Ketika Anda bangun di pagi hari, jangan langung beranjak dari tempat tidur untuk segera beraktivitas. Tapi, cobalah untuk berkonsentrasi sejenak sambil mengungkapkan afirmasi yang telah Anda buat tadi. Ucapkan secara perlahan sampai telinga Anda mendengarnya, tapi jangan terlalu keras. Selama Anda mengungkapkan afirmasi tersebut, berusahalah untuk melakukan visualisasi atau membayangkan dalam pikiran Anda bahwa hal itu akan menjadi kenyataan. Lakukan pula hal yang sama sebelum tidur.

2. Lakukan Sesering Mungkin

Sebagai tambahan, ucapkan afirmasi Anda sesering mungkin selama Anda memiliki waktu luang atau ketika pikiran sedang kosong. Namun, waktu terbaik untuk menanamkan ide positif memang pada saat pikiran sadar Anda belum benar-benar bangun, yakni pada waktu pagi hari dan sebelum tidur.

3. Lama Waktu Melakukan Afirmasi

Apabila sebelumnya Anda belum pernah melakukan afirmasi, maka sebaiknya memanfaatkan afirmasi bersifat global dan lakukanlah selama 5 hingga 6 minggu. Kemudian, lihat dan perhatikan dampaknya dalam keseharian Anda. Ning Asmara menyarankan Anda untuk terus melakukan afirmasi, apabila satu afirmasi sudah berdampak baik, teruslah lakukan eksperimen dengan afirmasi-afirmasi lain yang bersifat khusus. Ingat, efek dari afirmasi ini akan berbeda satu sama lain. Tergantung dari faktor keyakinan dan latar belakang masalah Anda.

Apakah Afirmasi Selalu Berhasil dan Efektif?

Percayalah bahwa semua usaha positif tidak akan berakhir dengan sia-sia. Begitu pula dengan afirmasi yang Anda lakukan untuk diri sendiri. Seperti yang sudah Ning Asmara ungkapkan bahwa dampak dari afirmasi ini tidak sama antara satu individu dengan individu yang lain, meskipun mereka memiliki masalah yang sama. Hal ini tergantung pada keyakinan yang dimiliki ketika melakukan afirmasi.

Intinya, jangan putus asa terhadap afirmasi Anda apabila sepertinya belum menampakkan hasil. Sebaiknya, lakukan evaluasi terhadap cara Anda dalam melakukan afirmasi tersebut. Apakah Anda sudah menanamkan keyakinan penuh, apakah Anda sudah konsisten dalam mengucapkannya, bagaimana visualisasi dan emosi yang Anda sertakan?

Anda bisa mengandalkan afirmasi untuk menyelesaikan segala permasalahan hidup dan mencapai apa yang Anda inginkan. Hanya saja yang perlu Anda ingat, afirmasi bukanlah jawaban cepat. Melainkan sebuah proses yang bisa Anda raih dengan persistensi da keyakinan. Apabila ada pertanyaan, silahkan jangan ragu untuk menghubungi Ning Asmara melalui SMS/WhatsApp ataupun email. Selamat Mencoba!

614 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini